REAKSI PASAR SAHAM YANG TERDAFTAR DALAM JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) TERHADAP PERISTIWA PEMILIHAN UMUM PRESIDEN 17 APRIL 2019 DI INDONESIA

Authors

  • Nur Kholidah Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Muhammad Arifianto Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Muhammad Arif Rahman Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.48144/neraca.v18i2.1377

Keywords:

Pilpres 2019, Average Abnormal Return, Average Trading Volume Activity, Jakarta Islamic Index

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui reaksi pasar terhadap peristiwa pemilihan presiden di Indonesia tahun 2019 yang diteliti menggunakan variabel abnormal return dan trading volume activity. Penelitian ini menggunakan pendekatan event study dengan 15 hari event window. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) yang berjumlah 30 perusahaan.

Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dan diperoleh sampel penelitian berjumlah 30 perusahaan. Uji statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah paired samples t-test dan wilcoxon signed ranks test.

Berdasarkan hasil analisis menunjukkan pengujian abnormal return dan trading volume activity menghasilkan kesimpulan bahwa tidak terdapat  perbedaan abnormal return sebelum dan sesudah Pemilihan Umum Presiden 2019  dan terdapat perbedaan trading volume activity 7 hari sebelum dan 7 hari setelah  Pemilihan Umum Presiden 2019  pada emiten yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII).   

Downloads

Published

2022-12-01

Issue

Section

Articles