Implementasi Fatwa Dsn Mui Tentang Murabahah Pada Produk Armadaku Di KSPPS BMT Bahtera

Authors

  • Fatin Dinana Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Sobrotul Imtikhanah Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Fadli Hudaya

DOI:

https://doi.org/10.48144/neraca.v18i1.1191

Keywords:

Fatwa DSN-MUI, murabahah, KSPPS BMT Bahtera

Abstract

Pembiayaan murabahah adalah akad akad jual beli antara penjual dan pembeli, dimana penjual menyebutkan harga beli barang dan margin keuntungan yang telah disepakati kedua belah pihak. Salah satu produk pembiayaan di KSPPS BMT Bahtera yang menggunakan akad murabahah adalah pembiayaan Armadaku, yaitu pembiayaan untuk pembelian sepeda motor. Dalam prosesnya, berdasarkan fatwa DSN-MUI tentang murabahah.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pelaksanaan akad murabahah pada produk pembiayaan Armadaku di KSPPS BMT Bahtera berdasarkan fatwa DSN-MUI. Seperti alur pembiayaan, objek atau barang yang diperdagangkan, harga barang, jangka waktu pembiayaan, uang muka, jaminan, diskon atau potongan dari pihak ketiga, pelunasan dini, penyelesaian pembiayaan dan penjadwalan kembali tagihan murabahah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan pengambilan sampel sumber data yang dilakukan secara snowball.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, kesimpulannya adalah implementasi diterapkan dengan baik di sebagian besar aspek yang disebutkan di atas. Namun, syarat pengaturan uang muka  dan penawaran diskon dari pemasok (dealer) masih kurang sesuai dengan fatwa DSN-MUI.

Downloads

Published

2022-06-01

Issue

Section

Articles