PELATIHAN PUBLIC RELATION PADA KEGIATAN IN HOUSE TRAINING GURU DAN KARYAWAN YAYASAN TSAMROATUL FUAD PEMALANG
DOI:
https://doi.org/10.48144/batikmu.v3i2.1407Abstract
Public relation merupakan bagian penting di institusi pendidikan untuk menjalin komunikasi dua arah antara
pengelola dan stake holder internal dan eksternal. Tujuan pengabdian masyarakat adalah meningkatkan
pemahaman peserta tentang public relation melalui in house training. Metoda pengabdian masyarakat
dengan memberikan pelatihan pada acara in house training dengan sub pokok bahasan pengertian,
unsur-unsur public relation, public relation dalam lembaga pendidikan, ilmu, sikap dan ketrampilan yang
harus dikuasai dalam menjalankan peran public relation, seni public speaking, hospitality, layanan
pendidikan berkualitas dan seni menghadapi komplain. Jumlah peserta sebanyak 86 peserta. Evaluasi
pengabdian masyarakat dilihat dari peningkatan pemahaman sebelum dan sesudah pemberian materi.
Hasil pengabdian masyarakat terjadi peningkatan pemahaman 39%, dihitung dari perbandingan nilai
pretest dan posttest. Nilai rata-rata pretest dan posttest adalah 48 sedangkan rata-rata posttest adalah 87
(rentang nilai 0-100). Kesimpulan pengabdian masyarakat berupa in house training public relation telah
mampu meningkatkan pemahaman peserta tentang public relation