IDENTIFIKASI DAN PEMERIKSAAN FLATFOOT PADA SISWA SISWI KELAS 3 SD MUHAMMADIYAH PANGKAH

Authors

  • Aurisna Isma Asqiya Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Ainun Muthoharoh Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan https://orcid.org/0000-0002-2467-4099
  • Alda Zulvania Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Aminatus Sa’diyah Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Nurmalia Kholifatu Balqis Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Sabila Noviawati Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Yustiana Nabila Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Eko Jaka Panuntun Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Nuniek Nizmah Fajriyah Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.48144/batikmu.v3i1.1402

Keywords:

arkus pedis, pangkah, flat foot

Abstract

Masa anak-anak merupakan masa yang sangat penting untuk memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan. Hal tersebut dapat meminimalisir adanya kelainan pertumbuhan dan perkembangan yang bersifat permanen. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan identifikasi bentuk arkus pedis. Kegiatan ini dilakukan pada siswa-siswi Sekolah Dasar Muhammadiyah Pangkah. Edukasi pada kegiatan dilakukan agar tidak terjadi kelainan pertumbuhan dan perkembangan yang bersifat permanen. Pengklafisikasian tipe arkus dalam kegiatan ini menggunakan Clarke’s Angle, sehingga didapatkan jumlah masing-masing kelompok yaitu normal foot berjumlah 11 anak, flatfoot berjumlah 4 anak. Berdasarkan hasil pemeriksaan dapat disimpulkan bahwa tipe normal foot memiliki nilai cadence (jumlah langkah), stride length dan speed yang lebih besar daripada flatfoot. Pada kegiatan sosialisasi, siswa antusias bertanya sehingga menjadi salah satu faktor bertambahnya pengetahuan pada siswa.

Downloads

Published

2023-07-25