Penerapan Terapi Menulis Terhadap Tingkat Kecemasan Remaja Korban Bullying

Authors

  • Slamet Raharjo
  • Nurul Aktifah Program Studi Diploma Tiga Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.48144/prosiding.v1i.968

Abstract

Abstract
The process of growth and development of adolescents is vulnerable to various social problems such as bullying. It frequently causes anxiety, and impacts one of inhibition of self potential and disruption of their daily life. One of the most appropriate methods to reduce the problem is by writing. This study aims to investigate the application of writing therapy in reducing anxiety level on teenage victims of bullying. It as a case study of 2 respondents who get bullying as the subject. The anxiety level was measured by Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). The analysis result stated there is a different of ancient level after applying the therapy during eight visits in a week. Therefore, nurses suggested to apply the writing therapy in caring on the teenage victims of bullying.
Keywords: Anxiety ; teenage victims of bullying ; writing therapy

Abstrak
Proses pertumbuhan dan perkembangan remaja rentan mengalami berbagai masalah sosial seperti bullying. Bullying mengakibatkan kecemasan yang berdampak terhadap terhambatnya potensi diri dan terganggunya kehidupan sehari-hari pada remaja. Metode yang dapat digunakan untuk menurunkan kecemasan adalah menulis. Tujuan penulisan karya tulis ilmiah ini adalah untuk mengetahui penerepan terapi menulis terhadap tingkat kecemasan pada remaja yang menjadi korban bullying. Desain penulisan karya tulis ilmiah ini berupa studi kasus dengan subyek studi dua responden yang mengalami kecemasan akibat perilaku bullying. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur tingkat kecemasan responden adalah skala kecemasan Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). Hasil analisa perbedaan tingkat kecemasan setelah diberikan terapi menulis selama delapan kali pertemuan dalam satu minggu menunjukan adanya penurunan tingkat kecemasan. Kesimpulannya adalah penerapan terapi menulis dapat menurunkan tingkat kecemasan pada remaja yang menjadi korban bullying. Saran bagi perawat hendaknya dapat menjadikan terapi menulis sebagai intervensi dalam memberikan asuhan keperawatan terhadap remaja yang mengalami kecemasanakibat bullying.
Kata kunci : Kecemasan ;remaja korban bullying ; terapi menulis

Downloads

Published

2021-12-23