Gambaran Penerapan Terapi Bermain Puzzle Pada Anak Usia Prasekolah Yang Mengalami Kecemasan Akibat Hospitalisasi

Authors

  • Sukna Nurul Afifah Tagayo Program Studi Diploma Tiga Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Siti Rofiqoh Program Studi Diploma Tiga Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.48144/prosiding.v1i.729

Abstract

Abstract
Hospitalization requirez patient tostay in the hospital to undergo various treatments until their condition is stable. Children who experienced hospitalization often interpreted as a punishment. As a result, children may feel anxious and afraid. This study aims to describe the implementation of puzzles as play therapy in reducing anxiety in hospitalized preschool-aged children. This case study involved two patient of prescool age children who had anxiety due to hospitalization. During hospitalization, children were invited to play puzzle for three days. The Preschool Anxiety Scale (PAS) was used to measure anxiety levels. The result of this case study shoved a decrease of anxiety scores in both cases. The PAS score before play therapy in the first patient was 39 points, while the second patient was 30 points. After playing puzzle, the PAS scale scores in both patient were 3 points. The conclusion of this study is play therapy using puzzle may reduce anxiety level in preschool age children who experiencing hospitalization. Therefore, nurses and families are suggested to implement puzzle as lternative play therapy for children who are hospitalized.
Keywords : Hospitalization, Anxiety, Puzzle Playing Therapy

Abstrak
Hospitalisasi adalah suatu keadaan yang mengharuskan anak tinggal di rumah sakit untuk menjalani perawatan sampai kondisinya stabil dan dapat kembali kerumah. Hospitalisasi seringkali diartikan anak sebagai hukuman sehingga ank akan merasa cemas dan takut. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan terapi bermain puzzle dalam menurunkan kecemasan pada anak usia prasekolah yang mengalami hospitalisasi. Desain penelitian yang digunakan adalah rancangan studi kasus dengan subjek dua pasien anak usia prasekolah yang memiliki masalah kecemasan akibat hospitalisasi. Studi kasus dilakukan minimal tiga hari dengan fokus intervensi melakukan terapi bermain puzzle, alat ukur kecemasan yang digunakan yaitu Preschool Anxiety Scale (PAS). Hasil dari studi kasus ini menunjukkan adanya penurunan skor pada kedua kasus. Skor PAS sebelum terapi bermain pada kasus 1 yaitu 39 sedangkan pada kasus 2 yaitu 30, setelah dilakukan terapi bermain puzzle skor skala PAS pada kasus 1 dan kasus 2 memiliki kesamaan yaitu 3. Kesimpulan penerapan terapi bermain puzzle dapat menurunkan skor kecemasan pada anak usia prasekolah yang mengalami hospitalisasi. Saran bagi perawat dan keluarga yaitu untuk menerapkan terapi bermain puzzle pada anak sebagai salah satu alternatif untuk menurunkan kecemasan pada anak usia prasekolah yang mengalami hospitalisasi.
Kata kunci : Hospitalisasi, Kecemasan, Terapi Bermain puzzle

Downloads

Published

2021-12-02