Gambaran Penerapan Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Akibat Hospitalisasi

Authors

  • Fanilia Sabela Program Studi Diploma Tiga Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Siti Rofiqoh Program Studi Diploma Tiga Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.48144/prosiding.v1i.728

Abstract

Abstract
Hozpitalization is a process that requires children to be hospitalized to receive therapy during the healing process. The children often experience various problem during hospitalization. One of them is anxiety that may be reduced through play therapy. This study aims to describe the implementation of play therapy by coloring pictures in reducing anxiety. This case study involved two preschool-aged children who experienced anxiety due to hospitalization. Anxiety level was measured by using Faces Anxiety Scale (FAS). Two patients were asked to play coloring pictures during hospitalization. Anxiety level was measured before and after the intervention. The results show that before the intervention the anxiety score in first patient was 3 while second patient was 2. After the intervention the anxiety score in both cases was 1. This case study indicate that play therapy can resolve anxiety among children undergoing hospitalization. This study suggests for nurses to implement play therapy by coloring pictures as an alternative way to reduce anxiety levels in preschool children due to hospitalization.
Keywords: Hospitalization; anxiety; preschool; play therapy coloring picture

Abstrak
Hospitalisasi adalah suatu proses yang mengharuskan anak dirawat di rumah sakit untuk mendapat terapi sampai proses penyembuhan. Masalah yang sering dialami oleh anak saat menjalani hospitalisasi adalah kecemasan. Salah satu cara untuk menurunkan kecemasan yaitu melalui terapi bermain. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan terapi bermain mewarnai gambar dalam menurunkan tingkat kecemasan pada anak prasekolah akibat hospitalisasi. Desain penelitian berupa studi kasus pada 2 anak usia prasekolah yang mengalami kecemasan akibat hospitalisasi. Alat ukur kecemasan menggunakan Faces Anxiety Scale (FAS). Fokus intervensi berupa penerapan terapi bermain mewarnai gambar. Cara mengevaluasi dengan membandingkan skor kecemasan FAS sebelum dan sesudah intervensi. Hasil menunjukkan sebelum intervensi skor kecemasan pada kasus satu yaitu 3 sedangkan pada kasus dua yaitu 2. Setelah intervensi skor kecemasan pada kedua kasus yaitu 1. Hasil studi kasus ini menunjukan masalah kecemasan pada dua kasus teratasi. Kesimpulan terapi bermain mewarnai gambar terbukti dapat menurunkan kecemasan pada anak hospitalisasi. Saran bagi perawat diharapkan dapat menerapkan terapi bermain mewarnai gambar sebagai salah satu cara alternatif dalam meurunkan tingkat kecemasan pada anak prasekolah akibat hospitalisasi.
Kata kunci: Hospitalisasi; kecemasan; terapi bermain; prasekolah

Downloads

Published

2021-12-02