Penetapan Kadar Senyawa β-Karoten Dalam Buah Semangka Kuning (Citrullus vulgaris Schrad) Dengan Metode Spektrofotometri UV-Vis

Authors

  • Maya Nisrina Huwaida Sarjana Farmasi, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, Indonesia
  • W Wirasti Sarjana Farmasi, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, Indonesia
  • S Slamet Sarjana Farmasi, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, Indonesia
  • Achmad Vandian Nur Sarjana Farmasi, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.48144/prosiding.v1i.684

Abstract

Abstract
Watermelon is a fruit that favored by the peoples because it tastes sweet and is good for health, watermelon also contains β-carotene. β-carotene is a natural pigment that is found in large amounts in red-orange fruits, including yellow watermelons. The purpose of this study was to determine β-carotene compounds and β-carotene levels in yellow watermelon flesh. The method used in this study for qualitative analysis using TLC method with chloroform: ethyl acetate (5: 5) mobile phase and for quantitative analysis using UV-Vis Spectrophotometry method. The test results showed that the yellow watermelon flesh sample contained β-carotene with a maximum wavelength of 458 nm and the β-carotene content of the yellow watermelon flesh was 146,253 µg/100 grams. Levels of β-carotene compounds in yellow watermelon flesh are included in the low category.
Keywords: Yellow watermelon, β-carotene, TLC, UV-Vis spectrophotometry

Abstrak
Semangka merupakan buah yang banyak digemari oleh masyarakat karena rasanya manis dan baik bagi kesehatan, juga memiliki kandungan β-karoten. β-karoten adalah pigmen alami yang terdapat dalam jumlah besar pada buah-buahan yang berwarna merah-orange termasuk pada buah semangka kuning. Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui senyawa β-karoten dan kadar β-karoten pada daging buah semangka kuning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk analisis kualitatif menggunakan metode KLT dengan fase gerak kloroform : etil asetat (5 : 5) dan untuk analisis kuantitatif menggunakan metode Spektrofotometri UV-Vis. Hasil pengujian menunjukkan sampel daging buah semangka kuning megandung β-karoten dengan Panjang gelombang maksimum yaitu 458 nm dengan kadar β-karoten pada daging buah semangka kuning yaitu 146,253 µg/100 gram. Kadar senyawa β-karoten dalam daging buah semangka kuning termasuk dalam kategori rendah.
Kata kunci: Semangka kuning; β-karoten; KLT; spektrofotometri UV-Vis

Downloads

Published

2021-11-29