KELAS HIPERTENSI SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN TEKANAN DARAH PADA KELOMPOK HIPERTENSI

Kelas Hipertensi

Authors

  • Wiwiek Natalya UMPP
  • Sugiharto Sugiharto Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.48144/batikmu.v3i1.1450

Keywords:

kelas hipertensi, pengelolaan kelompok, edukasi, hipertensi

Abstract

Pendahuluan : Hipertensi merupakan salah satu penyakit tidak menular yang jumlah kasusnya semakin meningkat. Hipertensi sering terjadi pada usia dewasa sampai lanjut usia baik pria maupun wanita. Risiko terberat dari Hipertensi adalah terjadinya stroke dan kematian. Pengendalian tekanan darah pada orang dengan hipertensi dapat mencegah terjadinya stroke.

Salah satu upaya untuk mengendalikan tekanan darah adalah dengan meningkatkan kualitas hidup orang dengan hipertensi melalui kegiatan pengelolaan kelompok (peer group) dalam bentuk kelas hipertensi. Manfaat dari kelas hipertensi antara lain, meningkatkan pengetahuan mengenai penyakit hipertensi dan pengelolaannya, meningkatkan ketrampilan mengenai terapi modalitas dan komplementer untuk pengendalian tekanan darah, mengurangi stres, bertukar pengalaman mengenai terapi hipertensi dan meningkatkan kualitas hidup pada orang dengan hipertensi. Kegiatan kelas hipertensi meliputi edukasi, demonstrasi terapi modalitas dan komplementer, diskusi, konseling, terapi aktifitas kelompok.

Permasalahan Mitra : setiap tahun jumlah kasus hipertensi di Desa Karangjompo mengalami peningkatan. Jumlah yang mengalami stroke akibat hipertensi juga meningkat. Pengetahuan mengenai hipertensi masih rendah.

Solusi permasalahan : pengelolaan kelompok hipertensi dan membuat kelas hipertensi. Metode pembelajaran dengan ceramah, demonstrasi, diskusi, konseling dan terapi aktifitas kelompok. Kegiatan kelas meliputi edukasi mengenai penyakit hipertensi dan pengelolaannya, demonstrasi terapi modalitas dan komplementer pada hipertensi, konseling hipertensi, pemeriksaan berkala, terapi aktifitas kelompok.

Hasil : Jumlah peserta kelas hipertensi 30 orang, terdiri dari 22 perempuan dan 8 laki-laki. Setelah dilakukan kegiatan, pengetahuan peserta mengenai hipertensi 100% baik, mampu mendemonstrasikan terapi modalitas dan komplementer dengan baik, tekanan darah rata-rata peserta mengalami penurunan baik sistole maupun diastole.

Kata kunci: kelas hipertensi, pengelolaan kelompok, edukasi, hipertensi

Downloads

Published

2023-06-30