STUDI EKSPERIMENTAL REDUKSI EMISI GAS BUANG DENGAN CATALYTIC CONVERTER BERBAHAN KUNINGAN PADA ENGINE STAND EFI TOYOTA AVANZA

  • Arif Feriansah Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Keywords: Catalytic converter, Desain, Emisi, Rpm, EFI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penurunan kadar emisi gas buang kendaraan bermotor saat menggunakan catalityc converter dengan variasi jumlah lubang 65,115, dan 165. Mesin EFI dengan 4 silinder dipergunakan sebagai media uji catalytic converter. Pengujian menggunakan dua model. Model pertama dilakukan tanpa menggunakan catalytic converter. Model kedua dilakukan dengan menggunakan catalytic converter. Pengujian dilakukan pada putaran mesin antara 1000 - 3000 rpm. Hasil pengujian menunjukan bahwa Catalytic Converter pada putaran mesin 1000 rpm dengan jumlah lubang 165 menurunkan emisi CO sebesar 0,23%. Kadar HCjugamengalamipenurunanpada putaran mesin 3000 rpm sebesar 51 ppm. Hasil perbandingan prosentase menunjukanpenurunankadar CO dan HC saatmenggunakancatalytic converterdantanpacatalytic converter sebesar 29% dan 22%.

Published
2020-04-01