IMPLEMENTASI PEMAHAMAN KONSUMSI ISLAM PADA PERILAKU KONSUMEN MUSLIM (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PRODI EKONOMI ISLAM SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MUHAMMADIYAH PEKALONGAN)

Authors

  • Nur Kholidah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.48144/neraca.v14i1.465

Keywords:

Konsumsi Islam, Perilaku Konsumen Muslim

Abstract

Manusia pada dasarnya membutuhkan konsumsi untuk bertahan hidup. Islam sebagai rahmatan lil alamin telah memberikan arahan kepada umatnya mengenai cara-cara berkonsumsi yang baik dan menjamin agar sumberdaya dapat terdistribusi secara adil. Seorang Muslim membutuhkan sebuah pemahaman yang komprehensif tentang konsumsi Islam untuk menyesuaikan konsumsi mereka sesuai dengan perilaku konsumsi Islam. Pemahaman tersebut berimplikasi kepada konsumen muslim untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Ruang lingkup penelitian ini terbatas pada implementasi pemahaman konsumsi Islam pada perilaku konsumen Muslim studi kasus pada mahasiswa Prodi Ekonomi Islam Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Pekalongan dan menjawab bagaimana implementasi pemahaman konsumsi Islam pada perilaku konsumen Muslim studi kasus pada mahasiswa Prodi Ekonomi Islam Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Pekalongan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada empat unsur konsumsi Islam yang digunakan sebagai pedoman berkonsumsi, yaitu: konsumsi produk halal dan thayyib, menghindari konsumsi berlebihan (israf), membuat kebutuhan prioritas dan konsumsi sosial (zakat, infak dan sedekah). Informan merasakan perbedaan pada perilaku konsumsi mereka saat ini dengan perilaku konsumsi mereka saat belum mengetahui teori konsumsi Islam

Downloads

Published

2018-06-01

Issue

Section

Articles