PENERAPAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR SEBAGAI MODEL PENGABDIAN MASYARAKAT DI SDN 03 WIRADESA

Authors

  • Tutut Dwi Andayani
  • Sulviana Putri Univeritas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.48144/jpm.v1i2.1881

Keywords:

Kampus mengajar, AKM, adaptasi teknologi, pojok baca

Abstract

Salah satu  program kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia adalah program ‘kampus mengaja”. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa selama 1 (satu) semester dalam  membantu meningkatkan pembelajaran terutama berfokus pada literasi dan numerasi. Program kampus mengajar bertujuan untuk memberikan kontribusi yang bersifat positif bagi masyarakat dan juga penerapan pengetahuan mahasiswa secara efektif.

Program kampus mengajar ini dilaksanakan dari tanggal 26 Februari hingga 19 Juni 2024 di Desa Secumpleng, Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan. Berbagai kegiatan dilakukan seperti asistensi mengajar, pelaksaaan AKM kelas yang termasuk program wajib dari pusat penyelenggara program kampus mengajar serta adaptasi teknologi dan pembuatan pojok baca sebagai alternatif perpustakaan. Hasil dari program kampus mengajar nampak adanya peningkatan yang signifikan dalam pencapaian akademik siswa serta peningkatan semangat dan motivasi siswa terhadap pembelajaran. Selain itu juga terdapat perubahan dan dampak positif bagi siswa,guru maupun sekolah yaitu meningkatkan kualitas dan mewadai kegiatan sambil belajar, melakukan pendampingan bimbingan membaca dan adaptasi teknologi.

 

REFERENSI

 

 Fitriyani, N. N., Kusuma, R. M., Supriadi, Y. N., Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2022). PKM Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 3 dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri Mengok 1. International Journal of Community Service Learning6(2), 240-248.

 

Delfi, I., Hidayat, S., Triviana, F., & Camellia, C. (2023). Peningkatan Literasi dan Numerasi Siswa SDN Karang Manik Melalui Program Kampus Mengajar. Satwika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat3(2), 90-100.

 

Arfi, S. W., & Hidayati, C. (2023). PERAN MAHASISWA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 5 DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI DI SEKOLAH DASAR. ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional (e-ISSN: 2797-0493)3(03), 11-22.

 

Pratiwi, A. E., & Tranggono, D. (2023). Program Kampus Mengajar Angkatan 4 Sebagai Usaha Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi SDN Batonaong 1, Arosbaya. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia4(1), 164-170.

 

Lumbantobing, S. M. (2022). Peningkatan Literasi Siswa Melalui Kampus Mengajar. Participative Journal: Community Service journal2(2), 57-68.

 

Rachman, B. A., Firdaus, F. S., Mufidah, N. L., Sadiyah, H., & Sari, I. N. (2021). Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik melalui program kampus mengajar angkatan 2. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat5(6), 1535-1541.

Downloads

Published

2024-07-30