TokoMU dalam upaya Peningkatan Kompetisi dan Peningkatan Pendapatan
DOI:
https://doi.org/10.48144/jpm.v1i2.1875Keywords:
TokoMU, laporan keuangan, bauran pemasaran, pertanggungjawabanAbstract
Dengan keberadaan toko ritel yang semakin marak, khususnya dengan berdirinya Alfamart yang bersebelahan dengan TokoMu sehingga merupakan ancaman dan juga peluang, sehingga perlu kerja keras dan kerja cerdas agar mampu bertahan dan meningkatkan pendapatan dengan tujuan pendirian TokoMu ini yaitu dapat membantu gerakan Muhammadiyah dan menambah kesejahteraan umat dapat terlaksana.
Dengan diawali pengenalan masalah yang terjadi di TokoMu yang bersumber dari informasi Pengurus, Pelanggan, Investor dan Pelanggan, maka dapat dirumuskan materi yang dibutuhkan untuk disampaikan dan ketepatan bentuk pengabdian yang akan dilaksanakan. Informasi yang didapat dapat diperoleh bahwa permasalahan yang utama dalah kebaradaan Alfamart yang bersebelahan dengan TokoMU dan kekurang kepercayaan warga Muhammadiyah sendiri yang lebih memilih toko selain TokoMu dengan berbagai alasan, misalnya kelengkapan, harga maupun tata letak yang ada.
Pengabdian Masyarakat dilakukan dengan mengadakan Sharing ilmu ekonomi yang merupakan perpaduan dari program studi Ekonomi syariah, Akuntansi dan Manajemen yang diadakan dalam waktu sehari. Pemahaman laporan keuangan yang seharusnya dipahami oleh semua pengelola dan pengurus sehingga diharapkan mampu membaca kinerja karyawan dan kemajuan TokoMU. Bauran pemasaran yang perlu dipahamai pengelola dan pengurus sehingga pelanggan tetap loyal untuk berbelanja di TokoMu dan berkontribusi dalam organisasi khususnya PCM Pekalongan Barat.
Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dan keberadaan toko ritel yang berdampingan dengan Toko Mu dengan kelengkapan dan kepercayaan masyarakat yang lebih diperlukan yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan bermanfaat buat organisasi dan umat maka diperlukan Legalitas yang jelas, Pegawai yang kompeten dan amanah, Pertanggungjawaban dan transparansi, Pengendalian, Bauran Pemasaran
REFERENSI
Adhaghassani, FS (2016). Strategi Bauran Peamsaran (marketing Mix) 7p (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Phisical Evodance) di Cherryka bakery. Jurnal pendidikan Boga
Akmed, S & Rahman, H (2015), The Effects Of Marketing Mix On Consumer satisfaction: A Literature Review From Islamic Perspectives. Turkish Journal Of Islamic Economics. Vol.2 No.1 Februari, 2015.pp17, pp 17-30 Vol 2 No 1
Aini, R. N., & Karmawan, S. (n.d.). STRATEGI PEMASARAN UMKM TAS DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PADA PASCA COVID-19.
Bulgis, U. M., Yuliati, L., Istiyanti, N., Riniati, R., & Wibisono, S. (2023). BRANDING PRODUK DAN PENDAMPINGAN LEGALITAS USAHA UMKM DI KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER. Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied, 2(1), 63. https://doi.org/10.19184/jpma.v2i1.39469
Cahyaningrum, F., & Swasti, I. K. (n.d.). PENTINGNYA KESADARAN KEPEMILIKAN LEGALITAS MELALUI PEMBUATAN NOMOR INDUK BERUSAHA (NIB) BAGI UMKM KELURAHAN KUTISARI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Irawan, R., Yuliana, N., & Mahendra, A. M. (n.d.). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi Berkah Harum Melati Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Cabang Pekalongan.
Mufarokhah, N., Choiri, C., & Khasanah, N. F. (2021). Pengemasan dan Labeling Produk Untuk Peningkatan Pendapatan Pelaku Usaha Krupuk Ikan Di Desa Lumpur Kabupaten Gresik. Jurnal ABM Mengabdi, 8(1), 35. https://doi.org/10.31966/jam.v8i1.858
Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK 102) Akuntansi Transaksi Murabahah
Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK 103) Akuntansi Transaksi Salam
Tullah, D. D. S., Yusuf, M., & Zaky, M. (2024). PENDAMPINGAN KOMPILASI LAPORAN KEUANGAN KOPERASI WANITA PATRA/PERTAMINA BALONGAN INDRAMAYU. 1(1).
Fatah, K, & Usamah, Pelatihan Pendampingan Pembuatan Laporan Keuangan dan Penyusunan Sistem Akuntansi Pada UMKM di Pekalongan, Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 2022