Sosialisasi Literasi Keuangan Syariah Musholah Baitus Solikh Pekajangan, Kedungwuni Kabupaten Pekalongan

Authors

  • Nur Kholidah Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.48144/jpm.v1i2.1874

Keywords:

Perkembangan Ekonomi, Industri 4.0, Inovasi, Transaksi keuangan, Riba/bunga

Abstract

Perkembangan ekonomi yang semakin meningkat dalam menyongsong industri 4.0 mengharuskan banyak pihak untuk bergerak lebih cepat dalam melakukan inovasi. Salah satu dari perkembangan tersebut adalah semakin banyaknya jenis-jenis transaksi di masyarakat yang lebih mudah dan modern, namun tidak sedikit pula yang masih menggunakan transaksi-transaksi dengan cara lama. Dari berbagai jenis transaksi tersebut, terdapat transaksi yang tidak dibolehkan dalam Agama Islam, salah satunya adalah riba atau bunga. Saat ini, tidak sedikit pelaku usaha dan ibu rumah tangga melakukan transaksi utang-piutang maupun jual-beli tanpa memperhatikan adanya riba. Hal ini dialami oleh jamaah Mushola Baitus Solikh di Kecamatan Kedungwuni, Kota Pekalongan. Melalui program pengabdian masyarakat, tim dapat memberikan tausiah dan sosialisasi mengenai literasi keuangan syariah serta solusi untuk menggunakan produk bank syariah. Beberapa hal yang membuat jamaah Mushola Baitus Solikh belum melakukan transaksi perbankan melalui bank syariah adalah: 1) anggapan bahwa bank syariah sama saja dengan bank konvensional, 2) pelayanan bank syariah belum maksimal, dan 3) kurangnya kesadaran dan dorongan untuk berpindah ke keuangan syariah. Namun, setelah program sosialisasi, masyarakat dapat memahami produk bank syariah dan terdorong untuk bertransaksi sesuai syariat. Namun, setelah sosialisasi, masyarakat mulai memahami dan terdorong untuk bertransaksi sesuai syariat melalui keuangan syariah.

 

REFERENSI

 

Djuwita,  D.,  &  Yusuf,  A.  A.  (2018).  Tingkat  Literasi  Keuangan  Syariah  Di  Kalangan UMKM  Dan  Dampaknya  Terhadap  Perkembangan  Usaha. Al-Amwal:  Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 10(1), 105–127.

Hamdani,  M.  (2018). Analisis  Tingkat  Literasi  Keuangan  Dan  Pengaruhnya  Terhadap Perilaku  Keuangan  Pada  Mahasiswa  Prodi  Manajemen  Universitas  Terbuka. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(2).

Laily,  N.  (2016). Pengaruh  Literasi  Keuangan  Terhadap  Perilaku  Mahasiswa  Dalam Mengelola Keuangan. Journal of Accounting and Business Education, 1(4).

Pradesyah,  Susanti,  D.  A.,  &  Rahman,  A.  (2021).  Analisis  Manajemen  Keuangan  Masjid Dalam  Pengembangan  Dana  Masjid. Misykat  Al-Anwar :  Jurnal  Kajian  Islam  Dan Masyarakat, 4(2), 153–168.

Simarmata, J., Chamidah, D., Karwanto, Ritonga, M. W., Mawati, A. T., Rasinus, Saputro, A. N. C.,   Permadi,   Y.   A.,   Purba,   B.,   Prasetya,  A.   B.,   &   Sudono,   E.   P.   (2020). INOVASI PENDIDIKAN: Konsep, Proses, dan Strategi.

Soejono, F., & Mendari, A. S. (2018). Literasi Keuangan Dosen-Dosen Perguruan Tinggi Di  Palembang:  Faktor  Gender  Dan  Usia. Benefit:  Jurnal  Manajemen  Dan  Bisnis, 3(1), 74–88.

Yughi,  S.  A.,  Awaludin,  T.,  Lestari,  A.  W.,  Savitri,  E.,  &  Cahyadi,  E.  (2020). Literasi  Keuangan   Serta   Penggunaan   Produk   Dan   Jasa   Lembaga   Keuangan   Di Kalangan Pelajar. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (2).

 

Downloads

Published

2024-07-30